Lewat Jumat Curhat, Kapolsek Siman Tampung Aspirasi Warga Desa Sawuh

Lewat Jumat Curhat, Kapolsek Siman Tampung Aspirasi Warga Desa Sawuh

 Lewat Jumat Curhat, Kapolsek Siman Tampung Aspirasi Warga Desa Sawuh


Ponorogo - Kapolsek Siman AKP Nanang Budianto, SH. menggelar kegiatan Jumat Curhat untuk mendengar langsung curhat,saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian di Warung Soto Sor Kreteg Desa Sawuh pada Jumat (02/03/2023).


Kegiatan Jumat Curhat ini dihadiri oleh Perangkat Desa Sawuh dan Karang Taruna Desa Sawuh yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Siman AKP Nanang Budianto S.H., didampingi Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini berlangsung santai dan penuh keakraban serta diisi dialog interaktif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.


 Program ‘Jumat Curhat’ yang digagas Mabes Polri ini diperuntukkan bagi Polda,Polres,hingga Polsek agar instansi kepolisian menerima curhatan masyarakat terkait tugas anggota di lapangan termasuk memberi saran dan masukan atas hal yang dirasakan masyarakat.


 Dalam kegiatan ini, Kapolsek Siman menjelaskan bahwa Polri hadir untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan, aduan dan keluhan, khususnya di wilayah hukum Polsek Siman. "Insya Allah program ini akan terus berlanjut, kami laksanakan setiap Jum’at siang,” kata Kapolsek. 


 Kapolsek Siman yang baru menjabat 2 minggu ini, sekaligus menjadikan giat jumat curhat kali ini sebagai ajang memperkenalkan diri kepada seluruh undangan yang hadir. Sebagai pejabat baru beliau memohon bantuan kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi menjaga wilayah kecamatan siman supaya tetap aman dan kondusif seperti sekatang ini.


Lebih lanjut AKP Nanang juga menyampaikan tentang kondisi curah hujan yang sangat tinggi akhir-akhir ini. Beliau menghimbau agar masyarakat mewaspadai luapan air yang bisa terjadi setiap saat. Masayarakat diharapkan segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman jika air sungai mulai meluap ke area perumahan penduduk.


Masih dalam sambutannya , Kapolsek Siman AKP Nanang Budianto, SH. juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpam dan memproduksi mercon/petasan karena hal tersebut merupakan tindakan melanggar hukum dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. "Saya harap masyarakat sudah semakin dewasa sehingga paham dan sadar akan resiko melakukan tindakan tersebut" tegasnya.


Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri biasanya terjadi trend peningkatan kriminalitas seperti pencurian, curanmor, pencopetan, penjabretan dsb. Mengaca dari pengalaman, AKP Nanang tidak bosan-bosan mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dan hati-hati saat beraktifitas. "Segera laporkan kepada kami apabila terjadi hal yang tidak diinginkan." Pungkasnya mengakhiri sambutan.


Kegiatanpun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Bapak Siswanto Kepala Desa Sawuh tidak menyia-nyiakan waktu yang diberikan. Siswanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran jajaran polsek siman di Desa Sawuh. Karena ditengah kesibukan tugas-tugas kepolisian, Jajaran Polsek Siman masih bersedia menyempatkan diri hadir ditengah-tengah masyarakat dalam acara jumat curhat ini.  Beliau sebagai Kepala Desa juga menyoroti kejadian banjir yang masih sering terjadi di wilayah Desa Sawuh dan juga Desa Brahu saat hujan desar mengguyur. Siswanto berharap agar Pihak Polsek Siman berkoordinasi dengan BPBD untuk menyiagakan perahu karet di balai desa supaya dapat digunakan saat situasi darurat terjadi. Beliau juga berterima kasih karena setiap saat Patroli Polsek Siman selalu datang mengecek situasi debit air di sungai Antara Desa Sawuh dan Desa Brahu yang sering meluap saat hujan deras turun.


Menanggapi penyampaian Kepala Desa Sawuh, Kapolsek Siman menyampaikan akan berkoordinasi dengan BPBD terkait antisipasi bencana banjir dan menyiapkan segala sesuatunya untuk evakuasi warga yang terdampak.  “Intinya kami sangat membutuhkan saran kritik dan informasi masyarakat seperti ini. Hal ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi memperbaiki apapun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan kepolisian,” pungkas AKP Nanang. (M$)


Posting Komentar

0 Komentar